PT. MIMAKI INDONESIA

Pengenalan Aplikasi Baru Untuk Mimaki UJF Series

Events


Pada hari Selasa kemarin, tepatnya tanggal 18 Maret 2014, Mimaki Indonesia mengadakan seminar tentang aplikasi kreatif baru yang dapat dikembangkan dari printer Mimaki UJF ini. Dengan dipandu UJF Expert dari Jepang, Hitomi Ebinuma, memaparkan bagaimana memberi nilai lebih pada hasil cetak UJF dengan mengaplikasikan digital foil, digital lacquer dan digital clear patterning. Selain itu beliau juga memperagakan bagaimana mencetak pada benda yang berbentuk silinder.


Sebagai sebuah inkjet printer UV LED Flatbed, UJF memungkinkan untuk membuat aneka kreasi aplikasi yang beraneka macam, salah satunya adalah mencetak langsung pada casing handphone. Hal ini bisa dilakukan karena mesin inkjet printer Mimaki yang satu ini dapat mencetak hingga ketebalan 15 cm. Dikarenakan yang bergerak bukan lah media, melainkan head, maka tingkat presisi dari cetakan mesin inkjet UJF ini sangat presisi.


Pada kesempatan kali ini, aplikasi baru yang coba dipraktekan adalah memberikan nilai tambah pada casing iPhone dengan mengaplikasikan teknik digital foil dan digital lacquer.



1.Digital Foil
Digital foil adalah teknik pengaplikasian gold/silver foil dengan bantuan printer Mimaki UJF. Pada dasarnya teknik ini membutuhkan bantuan lem untuk merekatkan gold/silver foil. Dengan menggunakan printer Mimaki UJF, lem dapat diganti dengan tinta primer yang dapat dibentuk dengan sangat detil dan rapih. Sehingga memungkinkan banyak kreasi yang dibuat. Setelah itu dapat ditimpa lagi dengan gambar yang diinginkan sesuai desain. Untuk membuat kreasi lebih menarik, dapat diprint tinta clear di atasnya. Tinta clear memberi efek seperti spot UV namun dengan bermacam efek, seperti emboss, glossy dan matte. Semua proses tersebut 90% dilakukan otomatis dengan mesin inkjet printer Mimaki UJF Series.





Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire

Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire

Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire


2.Digital Lacquer
Pada prinsipnya teknik yang dipakai sama dengan digital foil, namun bahan baku yang dipakai berbeda dan penerapannya sedikit berbeda. Pada teknik digital Lacquer, casing yang telah diprint tinta primer kemudian ditaburi dengan lacquer/glitter, kemudian dapat diprint warna dan clear diatasnya.

Esoknya, seminar dilanjutkan dengan pengenalan Kebab System. Yakni mencetak benda berbentuk silinder dengan inkjet printer Mimaki UJF dengan menambahkan jig yang disebut dengan Kebab. Banyak aplikasi yang dapat dibuat dengan sistem kebab ini, seperti botol, vaas bunga, wadah, dan sebagainya, asalkan berbentuk silinder dan berdiameter di bawah 110mm.







Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire
Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire


Setelah pengenalan Kebab System, kemudian seminar dilanjutkan dengan membuat digital clear patterning. Yakni membuat cetakan pattern menggunakan tinta clear. Penerapannya kali ini mencetak pada kartu. Setelah kartu dicetak gambar, lalu kemudian dilapisi dengan tinta clear mengikuti desain pattern yang dibuat, maka hasil cetakan kartu akan terasa berbeda. Kartu menjadi bertekstur sesuai dengan pattern yang di inginkan.


Pada hari ketiga, Mimaki Indonesia mengundang perwakilan dealer untuk mengikuti seminar ini dengan metode yang telah dipraktekkan pada dua hari sebelumnya. Adalah Hendrikus Toby, selaku staff marketing dari Mimaki Indonesia memberikan panduan dalam pengaplikasian digital foil, digital lacquer, digital clear patterning dan Kebab System menggunakan Inkjet Printer Mimaki UJF Series.


Dengan berakhirnya acara seminar aplikasi UJF yang dimulai pada tanggal 18 Maret 2014 dan berakhir pada tanggal 20 Maret 2014 ini, diharapkan dapat memperluas kreativitas serta peluang pasar bagi customer Mimaki, khususnya UJF Series.





Return to Content

PAGETOP